Kamis, 26 Mei 2016

Kenali Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak

Mengenali penyebab gusi berdarah dan bengkak memang sangtlah penting. Karena kebanyakan orang tentu saja pernah mengalami gusi berdarah dan bengkak. Kedua masalah tersebut sangatlah menyiksa akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Gusi berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang patut Anda waspadai karena menunjukkan adanya peradangan. Menurut sebuah penelitian yang dulakukan oleh badan kesehatan yang dilakukan pada tahun 2013 memperlihatkan bahwa 1 dari 4 orang yang berada di Indonesia atau tepatnya dengan persentasi 25,9%  pernah mengalami masalah pada gigi dan juga mulut mereka. Termasuk diantaranya masalah kesehatan pada gusi yang seringkali terjadi seperti gingivitis atau peradangan pada gusi dan juga gusi berdarah. Lantas apa yang menjadi penyebab gusi berdarah dan bengkak? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak yang Dapat Anda ketahui

Kebanyakan orang baru menyadari bahwa mereka mengalami masalah pada gusi yang berdarah pada saat sedang menggosok gigi. Padahal perlu Anda tahu masalah  yang satu ini jangan pernah Anda anggap remeh. Seperti yang kita tahu gusi sendiri berfungsi untuk melindungi tulang dan akar gigi. Jika mengalami masalah tentu saja akan membuat fungsinya menjadi tidak baik. Selain itu kesehatan mulut dan gigi ternyata juga dapat mempengaruhi pada organ tubuh yang lainnya. Seperti jantung, paru-paru dan pankreas. Maka oleh karena itulah menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Gusi berdarah tentu saja dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, apakah Anda tahu penyebab gusi berdarah dan bengkak? Berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai penyebab gusi berdarah dan bengkak, diantaranya sebagai berikut!

Inilah Beberapa Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak yang Dapat Anda Ketahui

Karang Gigi
Penyebab pertama terjadinya gusi berdarah dan bengkak adalah karena karang gigi. Jika plak gigi tidak segera dibersihkan maka lama kelamaan akan menyebabkan karang gigi. Dan jika karang gigi telah menempel pada gigi maka karang gigi akan menyebabkan gusi mengalami pembengkakan dan berdarah. Untuk mengatasi karang gigi salah satu cara dengan bantuan dokter. Namun jika dibiarkan begitu saja maka karang gigi tersebut akan menimbulkan racun dan menginfeksi gusi.

Leukeumia
pembengkakan dan pendarahan pada gusi merupakan salah satu kondisi dimana terjadi suatu komplikasi yang terjadi pada mulut. Terutama bagi mereka yang mengalami penyakit leukeumia, jaringan daerah gusi sering dianggap memiliki kerentanan yang lebih terhadap infitrasi sel leukeumia yang dapat menyebabkan pengeluaran komponen molekul adhesi endotthelial yang mengakibatkan inflitrasi leukosit menjadi meningkat.

Karena Kekurangan Vitamin K
Selain karena disebabkan seperti yang psudah dijelaskan di atas, gigi berdarah juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin K. Pada umumnya jika seseorang mengalami kekurangan vitamin K pada saat menyikat gigi sering mengalami pendarahan pada gusi. Maka dari itu agar tubuh tetap mendapatkan vitamin K yang dibutuhkan tubuh konsumsilah sayur-sayuran berdaun hijau sebagai pencegahan. Seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli dan masih banyak lagi lainnya.

Nah itulah beberapa penyebab gusi berdarah dan bengkak yang dapat Anda ketahui. Untuk mencegah gusi berdarah dan bengkak tetaplah selalu menjaga kondisi kesehatan gusi Anda. Karena mengingat gusi merupakan bagian mulut yang memiliki peranan sangat penting untuk menunjang kesehatan organ dalam tubuh lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.
http://dbagus.com/akibat-dari-tekanan-darah-rendah-dan-cara-mengatasinya
http://dbagus.com/khasiat-kacang-tanah-beserta-kandungan-gizi
http://dbagus.com/9-obat-gatal-pada-kulit-dari-bahan-alami
http://dbagus.com/makanan-penambah-berat-badan-anak
http://dbagus.com/tempat-wisata-di-australia-yang-menjadi-favorit-orang-indonesia
http://dbagus.com/daftar-tempat-wisata-di-purwokerto-paling-menarik-dan-terkenal
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar